Wednesday 5 February 2014

[[ GUS DUR ADALAH KETURUNAN RASULULLAH KE-34 DARI JAKA TINGKIR 9 ]]

Mengungkap riwayat silsilah GUS DUR.
Memang benar, pendapat yang menyatakan Gus Dur adalah keturunan Rasulullah SAW.
Runtutan silsilah itu terbaca dalam kitab Talkish, karya Abdullah bin Umar Assathiri.

KH. Abdurrahmad Wahid (Gus Dur), presiden keempat
Indonesia, ternyata memiliki silsilah keluarga yang berpangkal pada Nabi Muhammad SAW.
Dalam kitab Talkhish, karya Abdullah bin Umar Assathiri, dijelaskan bahwa Gus Dur merupakan keturunan ke-34, dari Rasulullah.
Garis keturunan GusDur bersambung keatas dari ayah kakeknya.

Adapaun rincian selengkapnya sbb:
KH. Abdurrohman Wahid anak dari Kh. Abdul Wahid Hasyim, mantan menteri Agama RI. Sedangkan KH. Abdul Wahid Hasyim anak dari KH. Hasyim Asy'ari. Pendiri NU. KH. Hasyim Asy'ari sendiri anak dari Asy'ari yang berada di Jombang.
Sementara itu, berturut-turut dari Asy'ari keatas hingga ke Nabi Muhammad SAW, garis keturunan GusDur diterangkan dalam kitab tersebut sbb:
Asy'ari
anak dari Anu Sar'wan, Anu Sar'wan anak dari Abdul Wahid, anak dari Abdul Halim, Abdul Halim anak dari Abdurrohman yang dikenal dengan sebutan Pangeran Sambud Bagda, Abdurrahman anak dari Abdul Halim, anak dari Abdurrahman yang dikenal dengan Julukan Jaka Tingkir.

Abdurrahman anak dari Ainul Yaqin yang terkenal dengan nama Sunan Giri, Ainul Yaqin
anak dari Maulana Ishak, Maulana Ishak anak dari Ibrahim Asmura, sedangkan Ibrahim Asmura anak
dari Jamaluddin Husein, anak dari Ahmad Syah Jalal.

Seperti diketahui, Rosulullah SAW mempunyai seorang puteri yang bernama Sayyidah Fathimah Az-
Zahra'. dari pasangan Fathimah dan Sayyidina Ali bin Abi Thalib lahirlah Husein bin Ali. Kemudian, berturut-turut kebawah dari Husein bin Ali adalah sbb: Ali
Zainal Abidin Muhammad Al-Baqir-Jafar Shadiq-Ali Al-Uraidi-Muhammad An-Naqib-Isa Ar-Rumi-Ahmad Al-Muhajirilall ah-Ubaidillah-A lawi-Muhammad-Alawi Muhammad-Ali Choli Qosam-Muhammad Shahibu Mirbat-Alawi-Am ir Abdul Malik-Abdullah Khain.

Nah, dari Abdullah Khain ini lahirlah seorang anak yang
bernama Ahmad Syah Jalal. Akhirnya jika dihitung dari Rosulullah SAW hingga ke KH. Abdurrahman Wahid, silsilah Gus Dur jatuh pada keturunan yang
ke-34.

Diakui Para Habib. Tentang kebenaran silsilah Gus Dur yang
sampai ke garis keturunan Rasulullah dibenarkan juga oleh Habib Husein Syafe'i Al-Muhdhar dan Habib Assad Shihab. menurut Habib Husein, salah seorang cucu Habib Muhammad Al-Muhdhar (Habib Kramat) Bondowoso, bahwa dirinya juga telah melakukan penelitian atas kitab-kitab tentang silsilah para Habaib.

Habib Husein mengungkapkan, tentang silsilah KH. Hasyim Asy'ari memang ditemukan kalau beliau berasal dari salah satu garis keturunan Nabi Muhammad SAW.

"Kitab-kitab yang berisi tentang silsilah memang banyak tidak
diminati orang. Sebab, membaca rentetan kalimat yang terdiri dari nama-nama orang sungguh-sungguh menjenuhkan," tutur
Habib Husein kepada Duta Selasa lalu.
"Oleh karena itu, jangan heran jika kebenaran adanya silsilah Gus Dur pun menjadi tidak populer ditengah-tengah masyarakat kita, "tandasnya kemudian.

Demikian pula dengan Habib Assad Shihab, kakek mertuanya Alwi Shihab (Menlu). Mengutip penuturan Habib Husein, diapun membenarkan tentang silsilah Gus Dur tersebut. Dan hasil Study beberapa kitab silsiahnya, Habib Assad juga menemukan asal-muasal kakek-kakeknya KH. Hasyim Asy'ari. Menurutnya, garis keturunan Kiai Pendiri NU tersebut memang sampai Rasulullah SAW..

No comments:

Post a Comment